Wednesday 24 June 2015

Keistimewaan dan Kelebihan Hari Jum'at

Keistimewaan dan Kelebihan Hari Jum’at. Hari Jum’at merupakan Raja dari segala hari. Oleh sebab itu harini ini memiliki beberapa keutamaan di banding hari lainnya. Kenapa Hari Jum’at berbeda dari hari lainnya? Mari kita simak bersama. Dari segi kata saja sudah tidak sama dengan lainnya. Diantaranya, semua hari itu berasal dari kata bahasa arab dan di ambil dari kata Angka Arab. Sebagai contoh Wahidun yang berarti  satu yaitu Ahad, Isnaini yang berarti dua yakni Senin, Salasatun yang artinya tiga yakni selasa, Arba’atun yang berarti empat yakni Rabu, Khomsatun yang berarti lima yakni Kamis, sedangkan Sab’atun yang berarti Tujuh yakni Sabtu. Kenapa Hari Juma’at tidak ada? Karena hari jumat adalah hari libur bagi umat islam sehingga tidak terhitung ke enam.

Hari jum’at berasal dari kata Jama’a yang artinya mengumpulkan. hal ini dikarenakan hari Jum’at merupakan hari berkumpulnya umat islam semuanya pada sebuah tempat yakni masjid. Sudah paham  bukan. Sekarang kita berlanjut keutamaan hari Jum’at. Ada beberapa keutamaan hari Jum’at diantaranya adalah :
1.       Hari Jum’at adalah hari raya tiap minggu bagi umat islam di dunia. Kenapa dikatakan hari raya tiap pecan, ini dikarenakan hari jum’at adalah hari dimana semua laki-laki berkumpul baik pejabat, orang miskin, mentri, dan bahkan presiden duduk sejajar bersama tanpa ada yang membedakan kecuali tingkat ketaqwaannya kepada Allah
2.       Hari Jum’at merupakan hari penghapusan dosa – dosa. Apabila seseorang mau melakukan mandi dengan niat menghormati hari jum’at dan niat mandi akan melakasanakan hari jum’at pahalanya adalah di hapuskan dosanya satu minggu yang lalu dan satu minggu yang akan datang.
3.       Hari Jum’at adalah hari dimana api di neraka Jahannam di kobarkan. Api neraka jahannam itu selalu di konarkan stiap harinya tapi saat hari jum’at hal itu di tiadakan.
4.       Hari jum’at adalah hari  pelepasan pertanyaan kubur dan menjadi golongan khusnul khotimah. Hal ini terjadi pada orang yang meninggal di hari jum’at atapun malam jum’at.
5.       Hari jum’at adalah hari yang mengandung kwajiban sholat jum’at. Barang siap melaknanakan sholat jum’at pasti akan sangat beruntung karena pada sholat jum’at ada beberapa keuntungan pahala yang tidak dimiliki hari lainnya.
6.       Hari Jum’at merupakan hari yang di ijabahi atau di kabulkan doanya. Waktu itu adalah setelah magrib sampai subuh malam jum’at, pada waktu diantara du khotbah saat khotib duduk dan setelah selesai sholat jum’at.
7.       Hari jum’at adalah hari yang paling baik diantara hari yang lainnya. Hal ini seperti hadits yang di riwayatkan oleh Muslim yang artinya “ sebaik – baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, karena hari ini Adam di ciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surge dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali hari Jum’at”
8.       Hari jum’at adalah hari yang paling utama untuk bersedekah.
9.       Hari Jum’at mengandung pahala puasa dan sholat setahun. Ini diberikan padanya yang menunaikan sholat jumat dengan berjalan kaki. Tiap langkahnya diberikan pahala puasa dan sholat selama satu tahun.
10.   Pada Hari Jum’at Allah memuliakan para wali – walinya kaum muslim yang ada di surga.



Semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa coret – coret pada kolom komentar…

No comments:

Post a Comment