Tuesday 23 June 2015

Pentingya Pendidikan Dalam Berkeluarga

Pentingnyapendidikan dalam keluargaSebagian besar orang tua tentu beranggapan bahwa pendidikan merupakan tugas dan tanggung jawab sekolah. Mereka telah menyerahkan pendidikan anak mereka ke lembaga pendidikan formal seperti halnya sekolah. Namun para orang tua belum menyadari tentang pentingnya pendidikan informal ataupun pendidikan dalam keluarga. Pendidikan dalam keluarga yang sering dikesampingkan oleh para orang tua justru menjadi penentu perkembangan anak terutama perkembangan kepribadian anak, hal ini dikarenakan anak lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah daripada di sekolah.


Terdapat beberapa orang yang berperan penting dalam pendidikan informal yakni ayah dan ibu. Tugas dari ayah bukan hanya sekedar mencari nafkah, namun ayah juga memiliki kewajiban mendidik anak-anaknya. Terkadang seorang ayah sibuk mencari nafkah, sehingga lupa memberikan waktu hanya sekedar untuk bermain bersama anak-anak. Selain itu, ibu juga berperan penting dalam pendidikan anak-anak mereka di lingkungan keluarga. Seiring berkembangnya zaman, justru banyak ibu yang memilih untuk bekerja daripada mengurus dan mendidik anak mereka. Padahal peran ibu sangatlah penting bagi perkembangan kepribadian anak, bahkan sejak anak tersebut masih di dalam kandungan karena janin dalam kandungan mampu menerima stimulus positif maupun negatif yang diberikan oleh ibu. Maka dari itu, tidak berlebihan jika ibu disebut sebagai guru yang paling utama dan pertama.
Mungkin tidaklah salah jika terdapat ungkapan bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Ungkapan tersebut berarti kepribadian anak tidak jauh berbeda dengan orang tuanya, hal ini dikarenakan anak lebih banyak komunikasi dan bertemu dengan orang tua. Apa yang dilihat dan didengar oleh anak tentu akan dijadikan contoh oleh anak. Seperti contoh, jika ada seorang anak yang berbicara kurang sopan maka orang tua pasti menegur atau memarahi anak tersebut. Hal tersebut bukan sepenuhnya kesalahan pada anak, seharusnya orang tua lebih bijak lagi, apakah cara mereka mendidik anak sudah benar? Apakah contoh yang diberikan pada anak mereka sudah baik? pertanyaan itulah yang seharusnya lebih dipahami oleh orang tua.


Selama dalam lingkungan keluarga, peran orang tua-lah yang sangat dominan di dalam mendidik anak, karena dari pendidikan yang diberikan oleh orang tua kepada anak akan mampu membantu perkembangan anak dan membentuk kepribadian anak yang berakhlak mulia. Maka dari itu, para orang tua harus memperhatikan kebiasaan-kebiasaan dalam keluarga dan diarahkan ke hal-hal yang positif sehingga anak-pun mampu menerima hal-hal positif tersebut.

No comments:

Post a Comment