Tuesday 23 June 2015

Dosa Dapat Berguguran dengan Sebuah Penderitaan

Mendengar tentang dosa pastinya semua pasti sudah mengenal kata-kata itu. Semua orang pastinya ingin supaya dosanya dapat berkurang dan berguguran layaknya pada sebuah pohon yang menggugurkan daunnya pada musim gugur. Dosa itu berguguran hanya dengan menderita, baik penderitaan lahir ataupun batin.

Yang dimaksud penderitaan disini tidak hanya sakit jantung, struk ataupun liver akan tetapi lebih dari itu semua bahkan yang kelihatannya ringan pun itu juda disebut penderitaan. Kita ambil contoh yang dekat saja seperti penderitaan batin yaitu sedih, resah, gelisah, dihina orang, kecewa.

kita tidak tahu sebagaimana orang menderita ataupun tidak. Kadang ada orang yang selalu senyum walaupun hatinya sangat terbebani kemudian ada juga ada seseorang yang yang diberi sakit parah hanya bisa berbaring di tempat tidur saja. Kira – kira dari keduanya itu mana yang lebih menderita? Tingkat penderitaan seseorang tidak bisa meningkatkan kualitas pengguguran dosa karena besar kecilnya penderitaan itu sama saja.
Berdasarkan hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dan Muslim yang artinya :
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Tidaklah menimpa seorang mukmin kelelahan, sakit, keresahan, kesedian dan penderitaan sampai ada duri yang melukai kulitnya, kecuali semua itu Allah mengampuni dosa orang tersebut karena penderitaannya tadi.
Abdullah bin Mas’ud ra berkata:
Aku masuk menemui Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau saat itu sedang mengalami sakita kepala, pusing pening. Lalu aku berkata, ya Rasul kelihatannya engkau sedang sangat-sangat pening, kata Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ya aku merasakan pening kepala seperti rasa pening yang dialami dua kali lipat yang biasa engkau alami. Lalu Abdullah bin Mas”ud berkata, kalau begitu engkau (Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam) mendapatkan dua pahala ya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau menjawab, ya seperti itu, tidaklah seorang muslim ditimpa suatu penyakit atau tertusuk duri bahkan yang lebih kecil daripada itu kecuali dengan hal itu Allah akan mengampuni dosanya dan digugurkan kesalahan-kesalahanya sebagaimana sebatang pohon menggugurkan daun daunnya. Hadist ini diriwayatkan oleh imam Bukhary dan Muslim dengan sanad yang shahih.

Berdasarkan hadis di atas setiap penderitaan hidup seseorang baik kemiskinan, kesengsaraan kesulitan dan masih banyak yang lainnya itu bisa menggugurkan dosa. dosa yang melekat pada seseorang akan dapat beruguguran setelah menerima penderitaan dari Allah. Meskipun banyak yang menginginkan dosa kita dapat berkurang dan berguguran akan tetapi kalau mendapatkan sebuah ujian, penderitaan selalu ngeluh. Seharusnya kita bersyukur dan selalu sabar tabah dan ikhlas apapun pemberian yang Maha Pencipta karena semua itu dapat imbalan yang begitu besar. Semoga kita bisa menjadi mahluk yang lebih baik, amin …

No comments:

Post a Comment