Monday 22 June 2015

Khasiat Dan Manfaat Jambu Biji Ungu

Sebelumnya ada yang tau Jambu Biji Ungu ndak? Memang jambu ini tidak begitu familiar, karenan yang umum adalah jambu biji merah ataupun jambu biji putih. Jambu biji ungu biasa disebut dengan jambu biji Australia.
Cirri dari jambu biji ungu ini adalah daunnya berwarna merah agak cenderung ungu dan buahnya serta isi dalam buahnya pun berwarna ungu. Buah ini sangat renyah, segar, aromanya juga khas, serta buahnya lebih besar. Kandungan yang dimiliki jambu biji ungu ini sangatlah besar dan banyak khasiatnya untuk kesehatan.

Manfaat dari jambu biji ungu ini adalah sebagai berikut:
  1.   Jambu biji ungu mengandung vitamin yang sangat penting bagi tubuh kita yakni mineral dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan juga flavonoid. Jambu biji ungu ini juga rendah lemak dan juga kalori sehingga ini bisa di gunakan sebagai sarana pencegahan kanker, meningkatkan daya tahan tubuh dan anti penuaan.
  2. Buah jambu ungu ini mengandung banyak serat laru, dalam jumlah 1kg buah jambu biji ungu bisa memperoleh serat larut sebanyak 5,4 gram. Ini berguna untuk memperlancar pencernaan.
  3.  Mengandung vitamin C dan anti oksidan, bagian kulitnya lebih banyak mengandung vitamin C daripada bagian tengahnya.
  4. Obat mujarab untuk penyakit diare. Dari dulu memang jambu biji sudah dikenal sebagai obat  ampuh diare. Caranya adalah ambil 3 lembar daun jambu tersebut kemudian rebus dengan dua gelas air sampai mendidih kemudian saring dan berikan pada orang yang terkena penyakit diare. Jambu biji di yakini bisa menyembuhkan penyakit diare karena jambu biji mengandung astringent yang bersifat alkali dan memiliki  manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri.
  5. Mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh panasnya sinar ultra violet
  6. Melindungi sesorang dari penyakit kanker prostat
  7. Dapat meningkatkan trombosit darah sehingga ini sangat baik untuk mengobati orang yang terkena penyakit demam berdarah.


Buah jambu biji ungu mempunyai kalium yang sangat tinggi di bandingkan dengan buah pisang. Semoga bermanfaat,,, mohon tinggalkan komentar.

19 comments:

  1. Mari kebunkan jambu biji Australia ini yuuk, kualitas unggul dan rasa muuuaantap lho,
    jual bibit jeruk, mangga, durian, dll

    ReplyDelete
  2. Mantap aku baru Tanam 3 Batang

    ReplyDelete
  3. biasanya berulat buahny, gmn ya mengatasinya,

    ReplyDelete
  4. Saya lagi nyari jambu yang dari akar, daun, Batang sampe bijinya merah/ungu semua

    ReplyDelete
  5. Akuh py ,awal kupikir pohonya mati, kliatanya kering batanh dan daunya ternyata buahnya banyak walau kecil2 sebesar terung belanda dan pohonya sehat

    ReplyDelete
  6. Akuh py ,awal kupikir pohonya mati, kliatanya kering batanh dan daunya ternyata buahnya banyak walau kecil2 sebesar terung belanda dan pohonya sehat

    ReplyDelete
  7. Saya punya tanaman ini dan alhamdulillah sekarang sya bisa mengkonsumsinya dan rasanya mmng bedah

    ReplyDelete
  8. Saya punya tanaman ini,tp ko gak berbuah2 lama bgt?😊

    ReplyDelete
  9. Saya juga punya pohonya, memang unik hehe

    ReplyDelete
  10. Terimakasih atas infonya SMG bermanfaat

    ReplyDelete